Selasa, 10 Maret 2009

Pemimpin Luar Biasa

Haruskah Anda peduli soal pengembangan keterampilan kepemimpinan Anda? Anda harus peduli.Dengan mengembangkan keterampilan Kepemimpinan Anda,maka anda dapat memastikan karier dan kesuksesan yang menjanjikan. Anda akan lebih berhasil di setiap di setiap organisasi dimana anda bekerja. Anda akan meningkatkan kinerja setiap orang yang bekerja dengan anda. Bila anda mendambakan sebuah tanggung jawab yang lebih besar dan penghargaan akan mengikutinya, maka belajar bagaimana menjadi seoarng pemimpin yang lebih baik merupakan langkah yang penting untuk dapat sampai disana. Peluang dan penghargaan dalam organisasi Anda pasti akan meningkat bila Anda adalah seorang pemimpin yang efektif.
Organisasi Anda (mungkin rumah sakit, kantor pemerintah, bisnis, atau sekolah) memerlukan agar Anda menjadi seorang pemimpin yang kuat dan efektif. Penelitian yang disajikan dalam buku ini membuktikan adanya korelasi yang tinggi antara efektifitas kepemimpinan dan hasil yang diberikan oleh sang pemimpin. Mengembangkan kader yang pemimpin yang mumpuni untuk mengabdikan organisasi mereka merupakan keasyikan nomor satu dari para CEO korporasi besar dewasa ini.
Apa lagi , organisasi Anda memerlukan Anda lebih sekadar “mumpuni” dalam hal kepemimpinan. Sementara itu, mereka yang belajar memimpin memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.Satu kesimpulan mengejutkan yang disajikan dalam buku ini adalah adanya perbedaan yang besar antara seorang pemimpinan yang sekadar baik saja dengan pemimpin yang luar biasa.
Sayangnya konsep tentang kepemimpinan terus diselubungi oleh kesalahpahaman. Mintalah 100 orang mendifinisikan kepemimpinan, maka Anda pasti akan memperoleh 100 jawaban yang berbeda. Jadi salah satu tujuan buku ini adalah memberikan definisi kepemimpinan yang sederhana dan praktis.Definisi tersebut bukan berdasarkan berdasarkan pada kesan subyektif penulis, tetapi berasal dari hasil penelitian yang empiris dan dapat diandalkan..
Berdasarkan hasil analisis atas lebih dari 20.000 pemimpin, buku ini akan menggambarkan 16 perilaku yang membedakan para pemimpin yang paling baik dari kurang efektif. Ini adalah perilaku yang diperhatikan oleh par bawahan,rekan sekerja, dan atasan. Ini adalah perilaku yang harus Anda garap pengembangannya.
Banyak pemimpin yang telah salah mempercayai bahwa jalan menuju kebesaran terletak pada menemukan ciri atau keterampilan mereka yang kurang efektif, dan kemudian membawa apa yang dinamakan “kelemahan” itu kedalam rentang yang dapat diterima. Para pemimpin ini percaya bahwa dengan membuang skor yang rendah ini, maka mereka lebih merasa sebagai pemimpin yang efektif.
Para pemimpin besar ditentukan oleh sejumlah kecil kekuatan nyata yang mereka miliki. Para pemimpin luar biasa tidak akan sampai disana karena mereka sempurna. Dan sebaliknya mereka bukan pemimpin luar biasa karena mereka mengerjakan 180 hal dengan sangat baik. Buku ini menggambarkan bagaimana perolehan kekuatan tertentu dapat membantu nada menjadi seorang pemimpin yang luar biasa. Kekuatan ini dapat melontarkan para pemimpin ini memasuki persentase ke 90. Kemudian orang-orang ini akan memberikan sumbangan yang sangat besar bagi kesuksesan organisasi dan pekerja mereka. Pelajaran berikut akan menjadi batu loncatan yang dapat anda ikuti guna menjadi seorang pemimpin yang sangat luar biasa.
“Para pemimpin besar tidak ditentukan oleh tidak adanya kelemahan, tapi lebih oleh adanya kekuatan nyata. Untuk mengembangkan kunci kepemimpinan besar adalah membangun kekuatan.”
From : The Handbook Leaders

Tidak ada komentar:

Posting Komentar