Selasa, 10 Maret 2009

Pemimpin Tercipta Karena Bentukan


Ketika subjek beralih pada kepemimpinan, tak pelak lagi seseorang akan bertanya, ”Bukanlah kepemimpinan itu adalah sesuatu yang Anda miliki atau tidak Anda miliki? Dapatkah orang benar-benar dapat menjadi seorang pemimpin yang lebih baik?” Pertanyaan-pertanyaan ini sama uletnya dengan kecoa-mereka sulit mati.
Nyatanya, karakteristik kepemimpinan itu dapat dikembangkan. Anda dapat menjadi seorang pemimpin yang lebih baik. Memang benar bahwa beberapa karakteristik kepemimpinan akan muncul pada masa belia, tetapi benar juga apabila dikatakan bahwa seringkali orang tidak dapat memperkirakan siapa yang akan menjadi pemimpin yang cemerlang. Beberapa orang lahir di dunia ini dengan di karunia rasa percaya diri dan otak yang tajam. Ini jelas-jelas sebuah keuntungan. Tetapi hampir semua orang menjadi pemimpin yang lebih baik melalui serangkaian kegiatan pengembangan yang spesifik. Ada lebih banyak pemimpin yang “dibentuk” daripada yang “dilahirkan”.
Salah satu bukti paling baik bahwa pemimpin dapat dibentuk mulai dari orang-orang “biasa” adalah catatan riwayat personil Korps Marinir AS. Calon marinir yang direkrut sering berasal dari rumah tangga yang bernasalah dan berantakan. Mereka sering merupakan pengguna obat-obat terlarang dan pecandu alkohol atau memiliki pandangan sempit. Banyak yang belum pernah duduk di bangku kuliah. Semua ciri yang dapat digunakan untuk meramalkan kesuksesan pada umumnya jarang didapatkan pada kelompok individu ini. Namun banyak diantara para calon marinir yang direkrut ini diubah menjadi pemimpin yang efektif dalam masa satu atau dua tahun dan selanjutnya terus menunjukkan ketrampilan kepemimpinan yang luar biasa ketika karir mereka berlanjut.
Pakar kepemimpinan, James Kouzes dan Barry Posner menulis, “Kami akan menjadi tidak jujur secara intelektual, bila kami tidak mengatakan bahwa beberapa individu jelas memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk berhasil dalam bidang kepemimpinan dibandingkan orang lain. Tetapi ini bukan berarti bahwa para manajer biasa tidak dapat menjadi pemimpin luar biasa. “Potensi kepemimpinan dapat dikembangkan. Dengan upaya dan praktik, Anda dapat maju melampaui ketrampilan yang dikaruniakan sejak lahir dan mejadi pemimpin yang unggul.
Untuk membentuk ketrampilan kepemimpian Anda:
Percayalah bahwa para manajer biasa dapat menjadi luar biasa: Pola piker Anda dapat menciptakan sesuatu yang berarti. Semakin banyak Anda mengetahui apa yang membuat seorang pemimpin menjadi luar biasa, akan semakin baik kesempatan Anda untuk menjadi fenomenal.
Lakukan uji ketrampilan: Terapkan semua gagasan ini dalam bentuk tindakan. Jadikan diri Anda sendiri seorang pemimpin yang lebih baik.
“ Mitos kepemimpinan yang paling berbahaya adalah bahwa seorang pemimpin tercipta saat dilahirkan – bahwa ada faktor genetik pada kepemimpinan. Mitos itu juga menegaskan bahwa manusia memiliki atau tidak memiliki sifat karismatik tertentu. Itu semua adalah omong kosong; nyatanya, yang benar adalah kebalikannya. Para pemimpin dibentuk dan bukan dilahirkan.”
From : The handbook Leaders

Tidak ada komentar:

Posting Komentar